Menu

Masyarakat Blitar Sulap Akar Kayu Jadi Ukiran Berharga Jual Tinggi

Leave a comment

Akar kayu umumnya cuma selesai di tungku perapian. Tetapi di tangan masyarakat Blitar, akar kayu ini disulap jadi karya ukir yang berharga tinggi. Darah seni Angga Setiawan dapat mengubah akar kayu jadi pahatan patung yang indah. Tangan lulusan SMK jurusan desain produksi kriya kayu ini, menari indah waktu memahat di permukaan akar jati yang sedang digarapnya.

Masyarakat Desa Sumberingin Kecamatan Sanankulon Kabupaten Blitar, ini kerja cepat sekali. Ia cuma perlu waktu seputar satu minggu untuk mengakhiri satu patung setinggi 60 cm dengan diameter 1 mtr.

Baca juga : Mahasiswa Unair Buat Ruangan Info Seni Budaya Sampai Sastra Melalui Aplikasi

“Saya pilih akar kayu jati sebab struktur kayu gampang dipahat, awet serta kualitas kayu yang bagus memberi dukungan kualitas hasil akhir pahatan ,” kata Angga pada detikcom di tempat tinggalnya, Sabtu (26/10/2019).

Angga mulai melirik akar jadi media pahatan, saat ekspresinya memahat mentok pada media satu dimensi. Waktu itu, ia masih duduk di kelas 2 SMP serta kerja di home industry handycraft hiasan dinding memiliki bahan kayu.

“Waktu itu memahat relief saja. Terus saya ingin coba pada media yang lebih melawan. Saya lihat, dari struktur akar kayu ini kok menarik untuk dipahat. Pada akhirnya saya putuskan perdalam pengetahuan pahat di SMK itu,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *